Header Ads

Breaking News
recent

Kehidupan Hmong Muslim

TANAHSARI NEWS -- Hari Senin yang lalu (28/12) dikabarkan Pemerintah Thailand mulai mengusir 4000 suku Hmong dari kamp pengungsian di bagian utara Provinsi Phetchabun untuk dikembalikan ke Laos.

Mengapa mereka di usir? , Suaka nya di tolak. Thailand menjelaskan, para pengungsi tersebut adalah imigran dengan alasan ekonomi, sementara mereka beralasan sengaja kabur menuju Thailand untuk mencari suaka karena di negerinya menjadi korban kekerasan pemerintah yang berpaham komunis. Sedangkan mereka adalah pendukung Amerika Serikat ketika melakukan perang melawan Vietnam.

Thailand dengan Laos hanya berbatas dengan sungai Mekong, jadi bukan lah hal yang sulit untuk ber migrasi dari Laos ke Thailand, hampir seluruh negara ini berbatasan dengan Thailand.



Laos adalah salah satu negara yang tak punya akses ke Laut, dari Border di Nong Kai kita harus hati hati bila berkendaraan, karena kenderaan di Laos setirnya di kiri sementara dari Thailand disebelah kanan. Dari pinggir sungai sebelah kota Vientiane Laos dapat terlihat dengan jelas Chiang Mai, apalagi saat musim kemarau air sungai surut sampai ke tengah.



Agaknya bila dibandingkan antara Laos dengan Thailand, dari segi perekonomian samalah dengan Indonesia dengan Malaysia. Banyak TKI di Malaysia yang mengadu nasib.

Siapa suku Hmong ini?

Kembali ke suku Hmong, di Provinsi Chiang Rai, Chiang Mai, Lam Phan, Pha Yao, Udon Thani di perbukitan disitu banyak di jumpai suku Hmong ini, diperkirakan ratusan ribu orang jumlahnya. Kehidupan mereka kebanyakan bercocok tanam, mereka adalah petani yang ulet. Mereka bermukim disitu ada yang telah ratusan tahun lamanya.


Hmong (pengucapan [m̥ɔ̃ŋ]) atau Mong ([mɔ̃ŋ]) adalah nama dari kelompok etnis yang menempati wilayah pegunungan Tiongkok selatan dan Asia Tenggara. Suku Hmong di Tiongkok mempunyai populasi yang lebih banyak dan disebut Suku Miao. Mulai pada awal abad ke-18, suku Hmong melakukan migrai besar-besaran ke Asia tenggara karena alasan politik atau ekonomi. Di Asia Tenggara mereka dapat dijumpai di Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar.

Suku Hmong di Laos terlibat dalam usaha pemberontakan terhadap kaum komunis-nasionalis Pathet Lao dalam Perang Rahasia. Ketika Pathet Lao mengambil alih pemerintahan pada tahun 1975, warga Suku Hmong dikenakan retribusi, sehingga banyak yang mengungsi ke Thailand. Ribuan pengungsi Hmong juga mengungsi ke Amerika Serikat, Perancis, Australia, Guyana Perancis dan Kanada. Yang lainnya kembali ke Laos dengan program repatriasi dari PBB. Saat ini sekitar 8000 orang warga Hmong menjadi pengungsi di Thailand. (selanjutnya)

1 comment:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.